Opini, Sastra dan Diary

Ia Yang Dekat dengan Kebenaran

Para filsuf idealis seperti Sokrates dan Plato menentukan bahwa kebenaran adalah apa yang ada di dunia ide. Dan apa yang ada di dunia materi hanya replikasi dari dunia ide. Para penyair hanya menangkap sebagian kecil dari dunia materi, dan tidak bisa dengan detail mengungkapkan dunia materi itu. Pada kesimpulan itu, puisi hanyalah KW2 dari kebenaran yang sejatinya (menurut kaum idealis) ada didalam dunia ide.

Dan kaum idealis kemudian menentukan semacam struktur kekuasan yang baik atau bagaimana seharusnya politik itu. Maka sistem pemerintahan ideal menurut mereka dipimpin oleh para filsuf itu sendiri (yang dekat dengan dunia ide karena pemikiran-pemikirannya), kemudian selanjutnya dibawah raja filsuf itu ada semacam kaum yang harus tunduk padanya (raja). Dan mereka yang ada paling bawah adalah kaum-kaum pekerja (sebagai kaki) yang kemudian dipaksa tunduk juga.

Hal ini justru menunjukan bahwa kebijaksanaan (dari kata philen) dan cinta (dari sophia) sama sekali tidak tercermin dari negara filsuf seperti itu. Maka timbulah kontradiksi. Hidup selalu penuh dengan kontradiksi.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya

Aktivis Pers Mahasiswa LPM SOLID FTSP UII

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.