Opini, Sastra dan Diary

2.26 PM

Hubble saat ini sedang memikirkan terkait bagaimana suatu bentuk komunitas masyarakat yang pas. Ia membaca, terus membaca: Sejarah, politik, ekonomi, agama, filsafat dll. Tapi dengan bacaan yang banyak tersebut, ia justru tambah semakin bingung. "Ah sial, belum lagi dengan perdebatan para intelektual di masing-masing bidang itu."

Semua seolah dirasa benar baginya. Tapi dalam hati Hubble yang terdalam, ia sebenarnya ingin suatu komunitas masyarakat yang menghargai keberadaannya satu sama lain. Entah itu terkait jalan hidup yang akan ditempuh, gagasan, maupun produk pemikiran. Bukan berarti dalam komunitas itu Hubble ingin dianggap yang paling benar. Justru tidak. "Aku hanya ingin orang lain mendengarkanku dengan khidmat, tidak untuk mereka melakukan apa yang aku sampaikan, tapi hanya sebagai kepuasanku."

Tapi Hubble tidak ingin hanya didengar, ia justru ingin pendapatnya ditanggapi atau sampai pada bentuk kritik. "Dialog itu penting, disitu tanda atau bukti orang lain mendengarkanku dengan khidmat".

Menurut Hubble, terkait menghargai satu sama lain maupun kritik, adalah sekian hal yang perlu dibangun dan dibudayakan masyarakat agar kedepan lebih menjadi demokratis.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya

Aktivis Pers Mahasiswa LPM SOLID FTSP UII

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.