Opini, Sastra dan Diary

Skejul

Menjelang liburan dan keberangkatanku ke kampung halaman, aku sudah menyiapkan bahan-bahan bacaan. Mudah-mudahan bisa selesai dibaca semua. Pertama bahan bacaanku adalah Pengantar Logika Marxisme oleh G.Novack. Pemilihan naskah ini kepentingannya adalah untuk menunjang pemahamanku dikala membaca Das Kapital. Ya, kebetulan dalam 2 minggu terakhir aku lagi banyak membaca gagasan-gagasan kiri. Hal ini bermula dengan kesepakatan Geram Merah untuk mengkaji Das Kapital.

Setelah lebaran aku didaku sebagai pemantik dalam kajian Kapital yang selanjutnya, kalau tidak salah seksi setelah Fetisisme komoditas sampai akhir Bagian satu.

Karena berhubung aku jadi pemantik, aku juga mesti membaca Das Kapital dikala liburan ini. Banyak tanggungan, aku belum menyelesaikan seksi bentuk nilai dan fetsisme komoditas, jadi ada sekitar 100 halaman, sampai selesai bagian 1.

Selain itu aku sudah menyiapkan beberapa naskah Tan Malaka yang kuperoleh di Marxist.org seksi Indonesia. Beberapa naskah itu yakni Menuju Republik Indonesia, Semangat Muda, dan Aksi Massa. Pemilihan Tan Malaka ini karena aku juga ingin sembari mempelajari sejarah Indonesia lampau dan pemikiran Malaka.

Disisa-sisa itu, mungkin aku akan membawa 1 novel Laksmi Pamuntjak yang berjudul Amba, biar agak sedikit refresing.

Disela-sela bacaan yang begitu banyak, aku mungkin akan menggarap rekapan majalah. Kalau sudah selesai rekapan wawancara yang hampir 2 jam itu mungkin aku akan mulai memikirkan tuk menyusun pokok-pokok pikiran dalam Laporan Utama.

Aku juga sudah memikirkan untuk membuat jadwa setiba di Palu. Paling tidak "hari kerja" ku disaat liburan kurang lebih 8 jam, sama seperti kerja buruh. Dimulai dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore. Kenapa sampai jam 3 sore? karena jam-jam setelah itu kemungkinan besar adalah waktu berkumpul keluarga (biasanya setelah Ashar) atau membantu membersihkan rumah, atau membeli barang-barang keperluan untuk berbuka puasa. Kalau jam-jam itu luang, aku ingin menghabiskannya untuk membaca novel. Paling.

Semoga bahan bacaan yang sudah kupersiapkan bisa terselesaikan. Amin

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya

Aktivis Pers Mahasiswa LPM SOLID FTSP UII

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.