Opini, Sastra dan Diary

9.13 PM

Akhir-akhir ini aku jadi banyak menulis sajak atau puisi (sampai sekarang aku tak tahu apa perbedaannya). Entah mengapa, mungkin karena suasana hati yang begitu cepat berganti: dari yang melankolis menjadi sedikit "kritis" dan kembali lagi ke melankolis.

Praktis, aku tidak sedang membaca suatu buku tertentu, yang kemudian mesti dihabiskan. Padahal dulu aku sudah berkeyakinan ingin menghabiskan 1 buku dalam waktu 2 minggu. Aku malahan lebih banyak membaca artikel-artikel yang isunya mulai dari A sampai B. 

Buku karikatural pengantar Marxisme dan Das Kapital sebenarnya menjadi target buku yang ingin kuhabiskan. Oh ya, yang pengantar Das Kapital ternyata sudah kuselesaikan, berhubung waktu itu aku didaulat menjadi pemantik bedah buku, dan yang datang hanya 3 orang saja. Jujur, saya agak kecewa dan sedih.

Minggu-minggu ini waktuku banyak dihabiskan dikampus. Paling pulang kos-an hanya untuk mandi dan ganti baju saja, atau mengharumi diri. Setelah itu aku balik kampus dan kadang malamnya, dengan kawan-kawan, datang ke SCC UII untuk mengikuti persidangan umum KM UII. Paginya aktivitasnya sama, kuliah dan kadang-kadang juga tidak kuliah (memilih untuk tidak kuliah).

Sampai detik ini, manajemen waktuku masih sangat kacau balau. Tidak tertata. Tidak sistematis. Apalgi manajemen keuangan, sama saja. 

Di jalanan, saat berkendara pun pikiranku kemana-mana: mulai dari majalah sampai urusan wanita, mulai dari individu yang cacat dalam bermasyarakat sampai ke urusan "menjauhkan" diri dari kawan kos.
.
Oh ya, tadi sore aku dkk Geram Merah berbincang-bincang tentang gagasan pemikiran Ali Syariati. Soal intelektual atau cendekiawan yang tercerahkan dan mencerahkan masyarakat. Soal cendikiawan yang harus memiliki ideologi untuk melawan ketertindasan bersama masyarakat/kaumnya. Soal bagaimana mahasiswa atau lembaga kemahasiswaan mempraktikan gagasan pemikiran Ali Syariati menyangkut rhousanfikr. Soal pemaknaan agama sebagai alat pembebasan dari belenggu ketertindasan.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya

Aktivis Pers Mahasiswa LPM SOLID FTSP UII

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.