Opini, Sastra dan Diary

Masa-Masa

Beberapa minggu ini aku jadi jarang menulis. Tepatnya mungkin sebelum dan sesudah minggu-minggu revolusi di kampus UII. Ya, dalam minggu-minggu itu berbagai perasaan berkecamuk: semangat, takut, terancam, sukacita dan amarah. Seminggu sebelum aksi penolakan Ganjar Pranowo, saya dan kawan-kawan sedang sibuk-sibuknya membangun koalisi. Merapat kesana-kemari. Mengajak kelompok sana-sini. Ngopi hampir tiap malam untuk menyatukan pandangan dan bisa dibilang sedikit merayu.

Akhirnya diputuskan bahwa yang FKPM mesti mengambil inisiasi ini. Akhirnya pada hari jumat kami mengadakan pemutaran film sebagai salah satu skema/ajakan konsolidasi aksi. Yang datang saat itu lumayan. Setelah pemutaran film selesai, langsung to the point untuk membahas kedatangan Ganjar Pranowo di UII.

Akhirnya mahasiswa-mahasiswa saat itu sepakat untuk mengadakan aksi dan teklap dimulai hari minggu. Sampai akhirnya kita aksi dan berhasil menyampaikan beberapa catatan kepada Ganjar Pranowo.

Begitu singkatnya, tapi masa-masa itu membuatku ketagihan. Ingin rasanya terlibat lagi dalam masa-masa seperti itu. Masa dimana kita seolah-olah merasakan apa itu menjadi mahasiswa. Ya, saya sendiri juga baru pertama kali mengikuti aksi dari proses inisiasi sampai praktik. Tapi, disatu sisi ada semacam perasaan kebanggaan sekaligus rasa malu juga ketika Aliansi yang dibentuk itu hanya sesaat saja.

Di DIY persoalan perampasan tanah dan konflik agraria masih belum terselesaikan. Tapi, kok, 2 minggu pasca aksi, belum ada inisiasi atau gagasan-gagasan yang mengarah untuk pengawalan kasus agraria di DIY. Aku tak tahu sama sekali apakah akan berakhir seperti inikah aliansi yang dibangun? Ya, mungkin saja. Soalnya saya beberapa kali melihat bahwasanya aliansi-aliansi gerakan mahasiswa ini hanya mencari momentum saja. Aliansi tidak bisa berjalan konsisten. Karena dia tidak berangkat dari konsistensi, tidak mungkin dia berjalan dengan konsistensi juga.


0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya

Aktivis Pers Mahasiswa LPM SOLID FTSP UII

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.