Opini, Sastra dan Diary

Sentimental Ballad

Lighter


Ya, musik memang selalu menjadi teman kita. Musik menjadi pelipur lara, penghibur dikala sedang mojok. Apalagi, mojok sambil ditemani musik-musik slow Rock tahun 90'an dan berbagai jenis ballad: Pop Ballad, Power Ballad, dll.

Akhir-akhir ini aku memang sering dan sedang mendengar lagu-lagu karangan Aerosmith, Bon Jovi, dan Firehouse. Baru tiga itu aja sih yang setidaknya mengena. Sebenarnya band-band tersebut bisa disebut band Rock, Rock n Roll. Masalah genre memang bikin pusing. Kadang mereka dalam menciptakan karya juga tidak konsisten dengan Rock atau Rock n Roll-nya.

Seperti Aerosmith, beberapa lagunya ada yang bergenre Ballad, Sentimental Ballad, Slow Rock. Begitu juga Bon Jovi dan Firehouse. Aku suka yang sentimental Ballad. Sentimental Ballad adalah cikal bakal Power ballad (begitu setidaknya di Wikipedia). Susah sih mau menerangkan kenapa aku suka dengan genre tersebut. Tapi, paling tidak, coba aku usahakan dulu.

Untuk Bon Jovi, ada beberapa lagu yang terdengar begitu ballad, melodramatik, dan selalu berbau asmara. Apakah aku kasmaran? Entahlah. Contohnya adalah Always, All About Lovin You, Bed Roses dan Never Say Goodbye. Kesemuanya itu saya anggap bergenre sentimental ballad. Karena apa ya? Ya karena sentimental banget. Sangat mengena. Salah satu ciri khas dari sentimental ballad adalah ketika konser dan sang artis mulai menyanyikan lagu itu, penonton mulai melambaikan tangan, kekiri dan kekanan. Slow dan mengikuti ritme lagu. Ada juga yang menyalakan lilin dan korek api. Pokoknya syahdulah. Tenang tapi begitu menusuk. 

Biasnya instrumennya hanya sederhana, kalau dikonser, ya paling cuma gitar, piano, vocal. Coba lihat di youtube saat penampilan Bon Jovi membawakan lagu Always dan  Never Say Goodbye. Pasti cuma dengan ketiga instrumen itu. Biar apa? Biar Selaw.

Kalau Aerosmith ada yang berjudul Fly Away From Here dari Album Just Push Play -yang dikeluarkan tahun 2001. Tidak bosan-bosan aku menyetel lagu ini. Soalnya nadanya begitu minor apalagi dibarengi dengan suara khas Steven Tyler- yang tanpa meninggalkan ciri khasnya yaitu dengan teriak-teriak, Yeaaahhhhhh!

Perpaduan rock dan ballad, jadilah Sentimental Ballad. Pokoknya keren lah. Bingung deh mau nulis apa lagi. Hahaha

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya

Aktivis Pers Mahasiswa LPM SOLID FTSP UII

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.