Opini, Sastra dan Diary

,

Soekarno

Soekarno illustration (gambar klik disini)

Aku kagum denganmu
Gagasanmu luar biasa
Kau pemimpin yang cerdas dan tegas
Presiden Indonesia yang tak akan dilupakan

Pidatomu bisa membangkitkan semangat perjuangan
Semangat melawan
Pidatomu berapi-api
Kau orator yang ulung

Cuma sayang, kau tidak seperti Hatta
Kau jarang menulis
Kau jarang menuangkan gagasanmu dalam suatu tulisan
Itu semua Hatta yang bilang dalam otobiografinya

Aku belum pernah membaca buku orisinillmu
Paling hanya membaca teks pidatomu
Paling hanya mendengar pidato apimu di youtube
Paling hanya membaca tulisan orang tentangmu

Ah, jiwamu memang revolusioner Bung
Jiwamu sungguh revolusiener
Kau berani menentang sistem kapitalisme dan imperalisme
Itu sih dalam pidatomu, tapi aku belum melihat dalam tindakanmu

Tapi setidak-tidaknya kau bersuara
Tidak seperti pemimpin sekarang yang mengambil 'berdikari'mu
Tapi masih mempertahankan kapitalisme
Mana bisa Indonesia berdikari jika kita masih minta-minta kepada negara lain

Ah, apa tanggapanmu tentang Indonesia saat ini Bung?
Apakah sudah jauh dari cita-cita Pancasila?
Apakah sudah jauh dari cita-citamu?
Ah, kau disana mungkin sedih melihat Indonesia masih belum berdikari

5 komentar:

  1. Daleeemmm.
    Baru-baru ini juga di SCTV (kalo nggak salah) diputerin lagi filmnya yang sempet tayang di bioskop 2014 kemaren kan yak. \:D/

    BalasHapus
  2. Presiden yang menurut gue paling bener. Meski gue nggak ngerasain. Tapi, kalo dari sejarah ,sih, Ir. Soekarno yang terbaik. :)
    Rimanya kurang, ya? Tapi feel-nya dapet. Keereenn. Teruskan, Bro. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejauh ini memang gagasan2 soekarno juga bagus,, tapi masih banyak pro dan kontra... (emang gak berima bro,,, namanya aja sajak awarima -sajak tak berima)

      Hapus
  3. Mudah-mudahan ada penerus beliau.. :'

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya

Aktivis Pers Mahasiswa LPM SOLID FTSP UII

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.