Opini, Sastra dan Diary

Sok Intelektual: "Neoliberalisme"

Sampul buku "Neoliberlisme mencengkeram Indonesia" karya Awalil Rizki dan Nasyith Majid (Sumber Gambar http://hizbut-tahrir.or.id/wp-content/uploads/2009/07/buku-neoliberalisme1.jpg)

Di mata para aktivis "kiri" maupun kaum ekstrimis-kanan, neoliberalisme yang berkembang dari filosofi ekonomi-politik abad keduapuluhan , adalah musuh paling utama yang harus dijatuhkan.

Neoliberalisme sendiri, dalam "What is Neoliberalism?" karya Dag Einar Thorsen and Amund Lie dari Departemen Ilmu Sosial Unirvesitas Oslo, adalah paham yang memfokuskan pada pasar bebas dan perdagangan bebas sebagai upaya merobohkan hambatan bagi investasi dan perdagangan internasional.

Hal itu diyakini para kaum liberal sebagai upaya agar semua warga negara bisa mendapatkan keuntungan dan kesejahteraan hidup dari perdagangan internasional.
Disisi yang lain, neoliberalisme ditentang karena peran dan wewenang negara dalam sektor ekonomi bisa sampai pada titik minimum.


Kaum ekstrimis-kanan menganggap bahwa agenda neoliberalisme sebagai ajang dimana negara menyerahkan semua kebijakan dan ekonomi politik pada pasar bebas, atau yang biasa disebut Adam Smith sebagai The Invincible Hand. Hal itu dianggap melanggar tanggung jawab pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat .

Dan kebijakan neoliberalisme juga paling ditentang oleh "aktivis kiri" dikarenakan upaya neolib untuk mengurangi kebijakan atau hak-hak buruh, dengan berdalih atas dasar efisiensi korporasi.
Indonesia bisa jadi semakin mengarah pada prinsip neolib.

Mula-mula investor asing sudah menjamur. Mereka menguasai sektor penting dalam sumber daya alam indonesia.Lama kelamaan "kebebasan" yang awal mulanya hanya dari segi pasar bebas, nantinya akan merambat ke sektor-sektor lainnya.

GAYA HIDUP INDIVIDUALIS MASYARAKAT, HEDONISME, AKAN BERSEMAYAM DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA KITA SAAT INI.
Prinsip serba bebas tidak bisa diterapkan di Indonesia dimana kultur agama maupun adat dan budaya
masih kental.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya

Aktivis Pers Mahasiswa LPM SOLID FTSP UII

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.