Opini, Sastra dan Diary

Resensi Buku: Demi Perubahan Dunia, Perang Ideologi Tak Terelakkan

Sekian banyak ideologi yang telah berkembang dan mengempis di dunia global ini.  Kapitalisme dan agenda akan neo-liberalisme mulai menjamur. Jika ditelaah kembali, memang negara Adidaya seperti Amerika bisa dibilang berhasil akan kapitalismenya, sehingga dunia mengakui akan tatanan mereka. Akan tetapi, jauh didalam masyarakat negara kapitalis, belum tentu negara tersebut bisa mencapai tujuan kesejahteraan dan kemakmuran sosial secara merata. Sosialisme bisa menjadi jalan alternatif lain yang bisa ditempuh atas permasalahan-permasalahan sosial, ekonomi dan politik. 

Editor tampak mengemas buku ini sedemikian rupa sehingga perkembangan-perkembangan yang terjadi di ranah sosialisme itu sendiri cukup bisa terangkum. Hal tersebut bisa dilihat dengan dipaparkannya sejarah awal mula sosialisme berkembang pada abad ke-19 sampai kondisi daripada kaum sosialis yang pesimis akan keyakinannya di abad ke-21. Lambat laun sosialisme semakin kurang menunjukan dominasinya dikalangan internasional. Sosialisme di Abad- 21  sekarang menjadi hal yang tabu untuk diwacanakan dan diimplementasikan teorinya. Namun usaha editor dalam buku ini untuk memunculkan kembali arwah sosialisme di abad sekarang kiranya bisa diapresiasikan. Sikap represif kaum kontra-sosialis terhadap kaum sosialis maupun pemikiran-pemikiran mereka tidak menjadi halangan untuk editor untuk tetap memegang teguh prinsip sosialisme.  

Berbagai macam pemikiran  serta analisis gerakan penganut egalitarian atau prinsip kesetaraan dan kontra-sosialis menjadi suatu perdebatan sengit dalam buku ini. Sebagai sebuah bunga rampai, buku ini cukup mempersingkat jarak ruang waktu bagi pembaca. Sayangnya, tidaklah mungkin dalam sebuah buku kecil ini- Sebagai kategori pengantar yang ringkas- bisa merangkum dan membahas secara keseluruhan dunia sosialisme itu sendiri. Di akhir Bab pada buku ini, editor memberikan referensi dan karya-karya penganut sosialis sebagai bisa dijadikan bahan bacaan  mengenai teori dan praktek sosialisme.


0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya

Aktivis Pers Mahasiswa LPM SOLID FTSP UII

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.